Dosen Administrasi Pendidikan narasumber di Pelatihan LMS Syam-Oke

 

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Dosen harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun mahasiswa berada di rumah. Solusinya, dosen dituntut dapat mendesain pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Hal ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Menindaklanjuti kebijakan tersebut Universitas Negeri Makassar telah meluncurkan Learning Management System (LMS) yang diberi nama Syam-Oke. Penerapan LMS Syam-Oke perlu adanya sosialisasi dan workshop untuk semua dosen di Universitas Negeri Makassar. Sebagai tindak lanjut dari penerapan LMS Syam-Oke, Fakultas Ilmu Pendidikan membuat suatu kegiatan dalam bentuk kegiatan workshop dengan nama “Pengembangan Kapasitas Tenaga Akademik dalam System and Palication Management Open Knowledge (Syam-Oke).

Kegiatan workshop tersebut dilaksanakan pada hari sabtu 19-09-2020 bertempat di Compention Hall FIP UNM yang dihadiri oleh perwakilan dosen setiap jurusan/prodi di FIP UNM dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons. Dalam sambutannya Dekan FIP UNM menekankan agar semua Dosen di Lingkup FIP UNM menyarankan menggunakan LMS Syam-Oke dengan beberapa pertimbangan seperti kemudahan penggunaan. Pada workshop ini, dihadirkan narasumber yang telah berkompeten dalam menjalankan beberapa LMS dalam pembelajaran yaitu Dr. Nurhikmah, M.Pd (Teknologi Pendidikan), Syamsurijal Basri, S.Pd (Administrasi Pendidikan)., M.Pd, Hartoto, S.Pd., M.Pd (PGSD), dan Andi Wahed, S.Pd., M.Pd (Administrasi Pendidikan).

Diakhir sambutannya, Dekan FIP UNM menuturkan agar kedepannya masa pandemi ini segera berakhir dan kemudian kita dapat melakukan blended learning dengan memanfaatkan LMS Syam-Oke. (s.mus)