PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT EDUKASI PERAN SUPERVISOR SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN PENINGKATAN KINERJA BAGI GURU SMK TRI’S MAROS OLEH LEMBAGA PKM UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Tim  Dosen Jurusan Administrasi  Universitas Negeri Makassar Pendidikan pada Selasa, tanggal 25 Agustus 2020 telah melaksanakan kegiatan Pengabdian  Kepada Masyarakat dengan Tema  PKM Edukasi Peran Supervisor Sebagai Pemenuhan Kebutuhan peningkatan kinerja Bagi Guru  SMK TRI’S Maros. Kegiatan ini dipandu oleh Dr, Andi Nurochmah,M.Pd selaku ketua Tim Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat dengan anggota Tim PPM yaitu Drs. Andi Mappincara,M.Pd, dan Drs. M. Bachtiar, M.Si.

Pelaksanaan sosialisasi peranan supervisor sebagai pemenuhan kebutuhan peningkatan kinerja bagi guru di SMK TRI’S Maros di Fasilitasi oleh lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Makassar, PKM ini dilaksanakan berdasarkan kebutuhan kepala sekolah dalam rangka  meningkatkan kinerja guru-guru di SMK TRI’S Maros berkaitan dengan peran kepala sekolah untuk memberikan pembinaan selaku supervisor dalam penyusunan RPP salah satu permasalah yang dihadapi oleh guru-gurunya. Selanjutnya Adapun komponen penting yang harus termuat dalam RPP 1 halaman sesuai arahan mendikbud yaitu terdiri dari 3 komponen yakni yang :

  • Kesatu yaitu  tujuan pembelajaran yang harus memuat unsur ABCD (Audient, Behavior, Condition,dan degree),
  • Kedua yaitu langkah-langkah pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan juga kegiatan penutup yang dilakukan oleh guru dan siswa
  • Ketiga yaitu assessment atau system penilaian yang meliputi jenis penilaian sikap, pengetahuan dan juga penilaian keterampilan

Maka “Metode pembuatan RPP harus mencakup sintaks serta RPP yang dibuat olah guru bukan cuma mengarah ke ranah koognitif tetapi juga mencakup ranah psikomotorik” ucap Dr.A.Nurochmah,M.Pd (pemateri). Dalam kesempatan yang sama Dr.A.Nurochmah,M.Pd “menyampaikan bahwa pelaksanaan supervisi sangat penting dilakukan, hal ini dimaksudkan serangkaian kegiatan untuk membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran, dengan demikian supervisi juga merupakan tahapan evaluasi bagi tenaga pendidik untuk perbaikan kinerja dan administrasi untuk pembelajaran”.

Kegiatan Pelatihan dan sosialisasi ini dihadiri oleh Pengawas Sekolah dari Diknas Pendidikan, kepala Sekolah,Wakasek,tenaga pendidik mulai dari mapel adaptip,normatif serta guru oroduktif dan juga dihadiri dari tenaga kependidikan di Lingkungan SMK YRI’S Maros.

“kompetensi guru yaitu pedagogik, sosial, profesional, kepribadian wajib  diterapkan dilingkungan sekolah, dan menyangkut hal supervisi bukan mencari kesalahan dari pihak guru tapi untuk meluruskan serta memperbaiki dan memberikan masukan untuk peningkatan kompetensi bagi tenaga guru” kata Nurmawati,S.E (kepala SMK  TRI’S Maros.

Pasca kegiatan pelatihan dirangkaikan dengan silatuhrahmi antar sesama tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan SMK TRI’S Maros. (Arfah)

 

 

sumber: www.radarmetro.net/2020/08/program-kemitraan-masyarakat-edukasi.html