Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNM Menfasilitasi Website SD Inpres BTN IKIP II Makassar

Penerapan teknologi informasi di sekolah salah satunya adalah pengadaan laman/website sekolah sebagai media penyebaran informasi antara sekolah dengan stakeholder pendidikan. Dengan adanya website sekolah terdapat beberapa manfaat antara lain memberikan konten-konten positif bagi masyarakat untuk mewujudkan internet yang positif, membantu sekolah memberikan informasi kegiatan-kegiatan sekolah yang positif, orang tua siswa dan masyarakat luas dapat mengetahui berbagai aktivitas sekolah secara langsung, dan menciptakan kepercayaan masyarakat kepada sekolah.

Media on line seperti website dirasa sebagai sebuah keharusan untuk dimiliki oleh institusi-institusi maupun lembaga-lembaga yang ingin berkembang khususnya lembaga pendidikan, jika tidak ingin tertinggal arus globalisasi. Guru Besar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Arismunandar. M.Pd mengatakan bahwa masih banyak sekolah yang belum memiliki website di era digital. Arismunandar menyebut, jumlah sekolah negeri yang belum memiliki website mencapai 90 persen di seluruh Indonesia (https://makassar.tribunnews.com/2020/03/01). Hal inilah yang mendasari Jurusan Administrasi Pendidikan untuk melaksanakan salah satu kegiatan tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat  yang dilakukan oleh Sumarlin Mus, Sitti Habibah, dan Andi Wahed untuk menfasilitasi pengadaan website salah satu sekolah dasar di sekitar kampus UNM tidung yaitu SD Inpres BTN IKIP II Makassar.

Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini telah menghasilkan website sekolah http://sdbtnikipdua.sch.id/ yang dapat diakses oleh semua kalangan sebagai media informasi dan sosialisasi sekolah. Kegaiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan dan pelatihan, mulai pendaftaran domain dan hosting, lalu melakukan pendampingan pengelolaan website sekolah sampai pada kegiatan launching website sekolah.