Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNM Melaksanakan PKM Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru TK di Kabupaten Bulukumba

Pada Sabtu tanggal 12 September 2020 bertempat di Kabupaten Bulukumba. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Ketua Pelaksana PKM atas nama Prof.Dr.H.Ismail Tolla, M.Pd,  yang dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Anggota atas Nama Dr. Wahira, M.Pd,  dan Hasan, S.Pd.I, M.Pd. sebagai pelaksana kegiatan. Pemaparan materi  dilakukan selama 2 dan dilanjutkan sesi tanya jawab, diskusi oleh peserta. Pada pelasanaan kegiatan ini, terlihat antusias dan motivasi peserta kepala sekolah dan guru sangat tinggi dalam memperhatikan materi yang diberikan, karena materi ini menyangkut salah satu pokok bahasan yang penting dalam penelitian tindakan kelas pada guru TK  khususnya pada pembelajaran. Beberapa peserta memberikan pertanyaan menyangkut materi pelatihan.

Pemahaman peserta sangat baik, walaupun materi ini tergolong bukan baru bagi peserta, karena materi ini sangat memberikan pemahaman bagi kepala sekolah baru dan sudah pernah didapatkan oleh peserta pada pelatihan sebelumnya. Sehingga sangat membantu dalam memahami materi pelatihan penulisan tindakan kelas. Guru TK mengutarakan bahwa materi ini menarik dan mudah dipahami, karena disertai dengan contoh pelaksanaan penulisan penelitian tindakan kelas sebagai media pelatihan. Dalam hal ini salah satu kendala karena keterbatasan pemahaman guru  TK dalam pelaksanaan pelatihan yang harus disesuaikan dengan anggaran dana BOS yang didapat oleh sekolah.